Sabtu, 25 April 2015

Perayaan Hari Kartini di SMAN 5 Bekasi



Fivers, inget gak, tanggal 21 April kemarin itu hari apa? HARI KARTINI, Fivers!

Apa yang segera terlintas di pikiran kamu saat mendengar HARI KARTINI? Mungkin sebagian dari kita akan langsung berpikir tentang “Emansipasi Wanita”.

Tapi sebenarnya, apa artinya emansipasi wanita itu? Secara harafiah, emansipasi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sejumlah usaha untuk mendapatkan hak politik maupun persamaan derajat (sumber: wikipedia). Maka jika digabungkan dengan kata ‘wanita’, bisa diartikan dengan sejumlah usaha untuk mendapatkan persamaan derajat bagi kaum wanita.
             
Hari Kartini biasa disimbolkan dengan persamaan gender. Kartini merupakan seorang pahlawan yang usahanya bukan dengan tindakan kekerasan, tetapi dengan usahanya yang radikal, untuk memperjuangkan hak-hak yang sebenarnya harus dimiliki kaum wanita.
                
Seperti sudah menjadi suatu tradisi, Hari Kartini dirayakan dengan mengadakan lomba-lomba di beberapa tempat dan juga sering berkaitan dengan mengenakan pakaian adat daerah, khususnya di sekolah-sekolah.

Embedded image permalink

SMAN 5 Bekasi juga merayakan momen Hari Kartini ini. Namun, berhubung tepat pada tanggal 21 April sedang dilakukan Ujian Nasional, maka perayaan Hari Kartini dilaksanakan 2 hari setelahnya, Kamis, 23 April di SMAN 5 Bekasi. Susunan acara pada perayaan Hari Kartini di SMAN 5 Bekasi dimulai dari apel dalam rangka Hari Kartini, debat antar angkatan, dan terkakhir, dilakukan kontes menghias tumpeng antar angkatan. Seluruh siswi diwajibkan menggunakan kebaya, sementara seluruh siswa diwajibkan menggunakan pakaian khas betawi.

Seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara perayaan Hari Kartini kali ini. Debat antar angkatan yang diikuti oleh 5 orang perwakilan dari tiap angkatan berlangsung menarik. Setiap lemparan pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh siswa-siswi yang mendapat kesempatan berdebat mendapat riuhan antusiasme siswa-siswi lainnya yang menyaksikan. Sementara kegiatan menghias tumpeng juga tidak kalah menarik. Perwakilan dari tiap angkatan menghias dengan penuh semangat dan hasilnya, kreatif.

Setelah kegiatan menghias tumpeng, momen yang sangat jarang di SMAN 5 Bekasi ini tidak disia-siakan begitu saja, tentunya karena seluruh siswa menggunakan pakaian daerah, yang biasanya menggunakan seragam. Bagi siswa-siswi yang ingin berfoto bersama ataupun sendiri, sudah disediakan Photo Booth. Dan siswa-siswi yang sudah berfoto diajak untuk mengupload foto menarik mereka di twitter OSIS SMAN 5 Bekasi. Siapa yang paling menarik, akan mendapat hadiah tentunya.

Acara perayaan Hari Kartini berlangsung dari jam 7 sampai jam 10. Kemudian, kegiatan belajar mengajar dilakukan seperti biasa. Begitulah Fivers, perayaan Hari Kartini merupakan salah satu kegiatan yang harus tetap dilestarikan, bahkan dikembangkan. Sosok Kartini merupakan suatu contoh seseorang yang berjuang untuk negeri dengan tidak menggunakan kekerasan, tapi dengan usaha untuk menyatakan apa yang benar. Hasilnya sekarang, hak-hak kaum wanita tidak lagi tertindas.

Apa makna Hari Kartini bagi kamu, Fivers?

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com